Surya Paloh kucurkan dana 1,1 juta Euro sekolahkan guru di Aceh

Surya Paloh kucurkan dana 1,1 juta Euro sekolahkan guru di Aceh
Surya Paloh
weRiau.com - Pendiri Yayasan Sukma Bangsa, Surya Paloh akan membiayai 30 guru yang mengikuti program Master bidang Pendidikan (Comission Master Degree Program) di Aceh dan Finlandia selama 18 bulan. Paloh mengeluarkan kocek sebesar 1,1 juta Euro atau sekitar 15 miliar dengan kurs 1 euro senilai Rp 14.147.
 
"Kerjasama dengan Finland University meliputi program Master bidang Pendidikan (Comission Master Degree Program) bagi 30 guru Sekolah Sukma Bangsa di Aceh. Program kerjasama ini menelan biaya kurang lebih 1.1 Juta Euro untuk selama 2 tahun, di mana keseluruhan pembiayaan merupakan wakaf dan tanggungjawab Bapak Surya Paloh selaku pendiri Yayasan Sukma, Jakarta," ujar Ketua Yayasan Sukma Bangsa, Rerie Lestari Moerdijat melalui pesan singkat, sebagaimana dikutip dari merdeka.com, hari ini.
 
Ririe menuturkan kerjasama dengan Finland University ditandai dengan kesepakatan yang ditandatangani perwakilan konsorsium 3 Universitas besar di Finlandia, yaitu Tempere University, Turku University dan Eastern Finland University pada tanggal 12 dan 13 Mei 2015, di Helsinki, Finlandia.
 
Kemudian pada tanggal 2 Oktober 2015, sebuah terobosan telah dilakukan yaitu penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilakukan antara Finland University dan Yayasan Sukma untuk menyediakan program Master untuk Pendidikan Guru. Program tersebut telah berlangsung sejak Desember 2015 dan mengambil waktu selama Desember 2015 hingga April 2017.
 
"Secara umum dua kerjasama Yayasan Sukma dengan Finland University ini merupakan tindak lanjut dari payung besar kerjasama bidang pendidikan Indonesia-Finlandia yang telah ditandatangani oleh Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Krista Kiuru selaku Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia, pada bulan Maret 2015 di Jakarta," jelas Rerie. (rac)
 

Berita Lainnya

Index